Ini Kunci Kedua Sukses Bisnis

Suatu malam saya berbincang dengan istri, “Hon, saya nggak bisa bisnis tanpa kamu!”

“Kenapa?” tanyanya.

“Kalau Honey sendiri yang ngejalanin, omset paling berputar di angka 30 sampai 40 juta sebulan. Tapi kalau kita berdua yang ngejalanin, alhamdulillah bisa sampai angka 100 juta bulan ini.”

“Kalau Kak Li sendiri yang ngerjain?” dia menggoda.

“Kayaknya cuman lima juta perbulan!” dan kami berbua pun tertawa.

Ini adalah kunci kedua yang harus kamu lakukan kalau mau sukses di bisnis. Ini adalah lanjutan dari tulisan kemarin. Ya, KOLABORASI.

Setelah kamu tahu apa nilai di diri kamu yang harus kamu tingkatkan dan menemukan bisnis yang pas dengan natural karakter shio sukses yang kamu punya, saya yakin kamu sudah punya gambaran masa depanmu di bisnis. Namun sayangnya, ini tidak cukup. Kalau kamu mau berhasil, ya kolaborasi. Dengan siapa? Dengan karakter yang berbeda dengan kamu.

Saya sendiri telat menyadari ini, bahkan tidak pernah merencanakan. Saya berkolaborasi ya gara-gara menikah. hehe. Ini bisa jadi tips juga, seperti kata Rendy Saputra, CEO Keke Busana sekarang, “Kalau hidupmu kacau, bisnis nggak sukses-sukses, menikah saja!”

Lalu bagaimana dengan sifat alamiah manusia yang berkumpul hanya dengan sejenisnya saja, apalagi kalau masalah bisnis, kalau berurusan dengan uang keluarga bisa jadi musuh, apalagi orang. Itulah tantangannya kalau mau besar di bisnis. Nih saya kasih tahu, kalau mau sukses dalam satu bisnis minimal ada tiga karakter yang harus ada.

Saya sendiri adalah tipe Mechanic yang kunci suksesnya adalah membuat sistem yang bisa diduplikasi, sementara Istri saya adalah seorang Deal-Maker. Jadi cara kerja kami saat ini adalah; Istri membuat Deal yang menguntungkan sementara saya berusaha membuat sistemnya; mulai dari strategi penjualan sampai rekrut karyawan.

Istri sibuk dengan deal-deal ke supliyer dan kostumer, saya sibuk mencari cara gimana supaya karyawan produktif dengan sistem yang ada. Karena shio Mechanic yang fokus ke sistem, maka tidak heran kenapa sampai hari ini, kami sering sekali bergonta-ganti karyawan. Saat ini saja, kami menerapkan tidak ada kontrak kerja. Kontrak kerjanya adalah kenyamanan kedua belah pihak, kalau owner dan karyawan happy, kerjasama berlanjut. Kalau sudah ada salah satu yang tidak nyaman, sebaiknya berpisah baik-baik.

Akan tetapi, terus terang bisnis saya masih jauh dari sukses. Masih belum ada tipe Creator terutama masalah produk, belum ada Accumulator yang bisa kami jadikan bagian keuangan. Begitu seterusnya, semoga kamu sudah dapat gambarannya.

Silahkan perbanyak referensi terkait kolaborasi ini, bisa dengan baca buku atau nonton film. Salah satu film yang saya rekomendasikan adalah The Founder yang bercerita tentang awal mula perusahaan McDonald bisa besar sampai hari ini. Di situ, Anda akan menemukan tiga tipe kunci kenapa McD bisa jadi perusahaan raksasa dengan puluhan ribu gerai di seluruh dunia; Donalds Brothers yang merupakan Creator, Ray Kroc yang merupakan Mechanic dan Harry Sonneborn yang merupakan Accumulator.

Lihat juga Microsoft yang besar bukan hanya karena sosok Bill Gates. Selain Bill Gates yang seorang Creator, di dalamnya ada beberapa orang kunci yang membuatnya bergulir cepat dan mendunia. Ada Steve Baumer, CEO Microsoft yang seorang Supporter. Selanjutnya ada Paul Allen yang menjadi mitra mereka lainnya, dia adalah seorang Accumulator.

Jadi, kembali lagi ke awal. Siapa diri kita? Posisi kita berada di mana? Apa yang harus kita lakukan setelah mengetahui karakter alami Anda? Yang membuat banyak masalah dan kegagalan dalam bisnis adalah Anda tidak tahu siapa diri Anda, seperti apa karakter Anda, dan dimana posisi Anda. Inilah yang membuat waktu dan tenaga Anda sia-sia. Inilah yang membuat kurva belajar Anda panjang, berat dan melelahkan.

So, bagi yang jomblo, segera menikah!

NB: Kalau ada yang mau diceritakan, tulis aja di kolom komen. Seorang intuitif seperti saya sangat suka bila ada yang cerita masalah. Sehingga otak saya jadi hidup dan berusaha menemukan solusi. Itu artinya, saya jadi belajar.

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *